TOP NEWS

Type in search bar to find post which you want, then press Enter.

Monday, April 8, 2013

Membagi Waktu Antara Belajar dan Bergaul


Belajar penting..tapi bergaul juga penting. Dan yang menjadi pertanyaannya adalah......
"Apakah kamu pernah merasa kesulitan membagi waktu antara belajar dan bergaul ?"

Mungkin ada yang menjawab tidak, tapi ada .juga yang menjawab sering. Nah, bagi yang sering merasa kesulitan membagi waktu antara belajar dan bergaul, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.
  1. Buat Jadwal: Tentunya jadwalnya tidak perlu diketik , di-print lalu kamu tempel di pintu ya, tapi jadwalnya kamu ingat saja dalam hati dan cobalah ber-disiplin dengan itu. Contoh: Karena hari senin- jumat kamu sekolah, maka kamu habiskan hari sabtu untuk bergaul dan hari minggu untuk refreshing. Jika dipergunakan dengan optimal, sepertinya itu cukup.
  2. Ingat Waktu:
     
    Hari senin-jumat walau hari sekolah, bukan berarti kita tidak bisa bergaul, karena bagaimanapun belajar butuh istirahat, jadi pergunakan waktu istirahat sebaik mungkin. Contoh: Pulang sekolah mungkin bisa ngumpul sebentar dan becanda dengan teman, tapi ingat besok masih harus sekolah jadi pulang jangan terlalu sore dan capai, karena dikhawatirkan malamnya kamu sudah terlalu ngantuk untuk belajar, apalagi kalau besoknya ada ulangan.
  3. Manfaatkan Teknologi:
     Sebagai remaja masa kini, pasti sudah melek teknologi dong. Nah, manfaatkan lah teknologi (terutama yang ada di Smartphone) tersebut untuk lebih gaul. Membuka situs-situs musik, olahraga, fashion atau hobi bisa jadi pilihan, atau bisa juga gunakan teknologi untuk tetap keep contact dengan teman-teman kamu via social media. Tapi jangan sampai lupa waktu ya, dan gunakan juga situs-situs tersebut untuk kepentingan belajar, tugas dan urusan sekolah lainnya. Hal yang menyenangkan dari adanya teknologi ini adalah kamu bisa menggunakannya sambil kamu bersantai di Rumah atau dalam perjalanan di angkot, sehingga saat kamu mau bersenda gurau dengan teman kamu atau berbagi informasi, kamu tidak harus bertemu langsung dengan mereka, cukup aktifkan saja jari-jarimu.
  4. Prioritas:
    Ini yang paling penting, kita harus punya yang namanya
    "PRIORITAS". Misalnya sekarang sedang musim ujian, ya sebaiknya prioritas kita ke belajar dulu dan main-nya kamu tunda dulu lah. Nanti kalau sudah selesai musim ujian, atau kamu sudah libur, waktu kamu kan bisa tuh di prioritaskan buat bersantai dan bergaul dengan teman-teman.
  5. Gunakan waktu belajar dan bergaul secara bersamaan seperti : Buat Kelompok Belajar dengan teman-teman kamu.
     
    Okayyy itu beberapa tips cara membagi waktu antara belajar dan bergaul. Semoga berguna ya :-).












2 comments:

Blogger Template by Sofyan